Pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2024, Fakultas Hukum Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Terbuka (FHISIP-UT) menggelar sebuah workshop yang tidak hanya menjadi langkah awal, tetapi juga momentum penting dalam pengembangan bahan ajar yang berkualitas. Bertempat di Gedung Serba Guna, Wisma 2, dan Wisma 3 Universitas Terbuka, workshop bertema “Pengembangan Bahan Ajar FHISIP-UT Tahap I Tahun 2024” mengundang para penulis bahan dari berbagai perguruan tinggi mitra di seluruh Indonesia.

Acara dibuka oleh Pelaksana Tugas Dekan FHISIP-UT, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., yang menyoroti pentingnya bahan ajar interaktif dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Terbuka dan Jarak jauh. Beliau menekankan bahwa Pengembangan  Bahan Ajar FHISIP Tahun 2024 ini diharapkan dapat menghasilkan bahan ajar yang tidak hanya mutakhir, melainkan juga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa.

Melibatkan para penulis bahan dari berbagai latar belakang, termasuk guru besar, dosen, ahli, dan pakar di berbagai bidang, workshop ini menampilkan empat narasumber yang memaparkan tiga materi yang berbeda. Materi pertama tentang “Penulisan Rancangan Mata Kuliah” dipresentasikan oleh Widyasari, S.S., M.Hum. Materi kedua yakni terkait “Penjelasan Teknik Penyiapan Naskah BANC/BAI,” disampaikan oleh Al Hafid, S.Kom., MMSI, dan Bachriah Fatwa Dhini, S.T., M.Kom. serta materi terakhir terkait “Penyusunan Bahan Ajar Interaktif FHISIP” dibawakan oleh Rachmawati Windyaningrum, M.I.Kom.

Peserta workshop aktif terlibat dalam diskusi dan berbagi pengalaman untuk meningkatkan pemahaman kolektif tentang pengembangan bahan ajar yang interaktif, efektif, dan inovatif. Hasil jangka pendek dari workshop ini adalah tersusunnya Rancangan Mata Kuliah dari setiap bahan ajar yang akan dikembangkan oleh masing-masing penulis.

Dengan kolaborasi yang kuat dan semangat untuk terus berkembang, FHISIP-UT siap melangkah maju menuju masa depan pendidikan yang lebih baik, serta mendukung Upaya Universitas Terbuka (UT) untuk menjadi Perguruan Tinggi berkelas dunia atau world class university (WCU).