Prodi Administrasi Publik Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kembali bersuka cita dengan bertambahnya satu dosen dengan gelar Doktor Administrasi Publik dari Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Padjdjaran. Dosen tersebut adalah Dr. Eha Saleha, S.A.N, M.Si yang menyelesaikan disertasi tentang kepemimpinan Perempuan di perguruan tinggi jarak jauh melalui sidang promosi doktor yang dilaksanakan tanggal 31 Juli 2023 pukul 13.00 WIB di Gedung A, lantai 2 FISIP Dago Utara. Pencapaian gelar ini membutuhkan waktu 5 tahun untuk menjalani perjalanan akademis, spiritual dan intelektual. Penyelesaian studi ini dibantu oleh beberapa promotor mulai dari ketua promotor Prof. Ida Widianingsih, S.IP., M.A., Ph.D., anggota promotor terdiri dari Dr. Drs. Asep Sumaryana, M.Si dan Dr. Mas Halimah, S.IP., M.Si. Selain promotor terdapat penguji dalam setiap seminar dan sidang yang harus dilewati untuk mendapat gelar doktor mulai dari Guru Besar Univeristas Padjdjaran yaitu Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah, M.A, Dr. Drs. Heru Nurasa, MA, Dr. Drs. Entang Adhi Muhtar, M.S, dan Dr. Dedi Sukarno, M.Si.

Topik yang menjadi kosentrasi riset disertasi adalah tentang masalah yang dihadapi Perempuan dalam meraih dan menjalankan kepemimpinan Perempuan di perguruan tinggi. Masalah tersebut seperti adanya budaya patriarki, pandangan agama, kontruksi sosial, politik, beban ganda dan stereotif yang dihadapi perempuan saat bekerja di sektor publik termasuk perguruan tinggi jarak jauh dengan beban kerja yang cukup tinggi terutama yang bekerja di kantor daerah seperti UPBJJ saat ini disebut UT Daerah. Beberapa saran baik dari disertasi yang disampaikan adalah akademisi perempuan yang akan dan sedang memimpin harus memiliki kemampuan dan kompetensi personal, gaya kepemimpinan dengan proaktif, pembuatan keputusan kolektif, komitmen tinggi dan kepercayaan pada bawahan serta dukungan profesional dari budaya, struktur dan politik yang netral gender untuk akademisi perempuan di perguruan tinggi.

Dr Eha juga mengucapkan terimakasih atas dukungan, bantuan serta semangat terutama dari Universitas Terbuka dengan memberikan beasiswa dan tugas belajar serta juga semua pihak yang terlibat dalam proses penelitian dan penyelesaian studi S3 di Universitas Padjadjaran.