Pendampingan Pengisian SPT Bersama Relawan Pajak

Sebanyak 21 Mahasiswa yang dinyatakan sebagai Relawan Pajak di Tax Center Universitas Terbuka Pusat mendapat 3 (tiga) kali kesempatan bertugas di antaranya: Pada kantor Walikota Tangerang Selatan, Kantor Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka Pusat, dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pondok Aren. Tugas yang diberikan bernama “Pendampingan Pengisian SPT Bersama Relawan Pajak Universitas Terbuka”, yang diselenggarakan dengan bekerja sama antara Tax Center Universitas Terbuka dengan Kanwil DJP Banten. Relawan Pajak yang bertugas memberikan pendampingan, edukasi, dan solusi tentang prosedur validasi NIK, pengisian, hingga pelaporan SPT Tahunannya. Kendala-kendala yang dihadapi adalah Wajib Pajak antara lain seperti lupa password, lupa EFIN, hingga belum memiliki akun DJP online.

Pertama, Relawan Pajak ditugaskan dimulai dari tanggal 6 Februari 2023 hingga 10 Februari 2023 secara bergantian di kantor Walikota Tangerang Selatan. Relawan Pajak memberikan pelayanan pendampingan pengisian SPT Tahunannya kepada masyarakat sekitar lingkungan Kantor Walikota Tangerang Selatan baik bagi kalangan pegawai instansi maupun masyarakat umum lainnya, mereka mendapatkan pengalaman yang berkesan dan bermanfaat dalam tugasnya.

Kedua, pada 20 Februari 2023 sampai 28 Februari 2023 Relawan Pajak ditugaskan di Univeritas Terbuka yang berlokasi di gedung FHISIP. Relawan Pajak melakukan pendampingan pelaporan SPT Tahunan kepada civitas akademika di Universitas Terbuka selaku Wajib Pajak. Selain itu, membantu dalam melakukan validasi NIK menjadi NPWP dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi Wajib Pajak.

Relawan Pajak telah memberikan kontribusi yang baik sebagai bentuk pembelajaran dan pengabdian. Ketiga, sebagai penugasan terakhir dalam pemberian pendampingan pengisian SPT Tahunan yang difasilitasi oleh Tax Center Universitas Terbuka yang bekerja sama dengan Kanwil DJP Banten. Relawan Pajak membantu pendampingan di KPP Pondok Aren yang berlangsung pada 9 Maret 2023 sampai dengan 17 Maret 2023. Relawan Pajak Tax Center Universitas Terbuka akan terus meningkatkan terobosan dan kontribusi baik untuk sivitas akademika Universitas Terbuka, mahasiswa, dan masyarakat. Terlebih, semoga dengan adanya kegiatan Relawan Pajak ini dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio kepatuhan Wajib Pajak di Indonesia.