Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dam Ilmu Politik (FHISIP), Universitas Terbuka (UT) dan Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menandatangani kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, bertempat di Gedung Dekanat Ruang Teleconference FH UNNES. Penandatanganan ini menandai kolaborasi yang bertujuan untuk memperkuat implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendukung perkembangan pendidikan tinggi yang berkualitas di Indonesia.

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga pilar utama, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sementara itu, MBKM adalah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi yang lebih luas dan merata bagi masyarakat Indonesia. Penandatanganan kerja sama ini diharapkan akan menggabungkan kekuatan keduanya untuk mencapai tujuan bersama yang lebih besar.

Kerja sama dalam bidang Tri Dharma meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan, FHISIP UT dan FH UNNES akan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran online, dan pengembangan program studi hukum. Sedangkan dalam bidang penelitian, kedua universitas akan melakukan penelitian bersama dalam bidang hukum. Selain itu, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, FHISIP UT dan FH UNNES akan bekerja sama dalam mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

Selain peningkatan kualitas akademik, penandatanganan kerja sama ini juga bertujuan untuk melaksanakan MBKM dengan lebih efektif. MBKM merupakan program yang memberikan kebebasan belajar kepada mahasiswa, di mana mereka dapat mengikuti mata kuliah di perguruan tinggi lain dan mengikuti kegiatan pengembangan diri di luar kurikulum formal. Semoga dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan UT dan UNNES. Acara penandatanganan kerja sama ini ditutup dengan tukar menukar cinderamata atau kenang-kenangan, foto bersama, dan ramah tamah antara FHISIP UT dengan FH UNNES.