Dalam rangka Perencanaan Produk Akademik dan juga menjawab tantangan dari era TUNA (Turbulency, Uncertainty, Novelty dan Ambiguity), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) menyelenggarakan Workshop Penulisan Panduan dan Pedoman Praktik Praktikum yang kemudian akan digunakan oleh mahasiswa dan juga UT Daerah dengan kondisi mengikuti perkembangan zaman dan mempermudah proses penyelenggaraan praktik praktikum dengan mempertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan juga capaian pembelajaran praktik praktikum yang disesuaikan dengan dunia Industri.

Kegiatan workshop Panduan dan Pedoman Praktik Praktikum di Tahun 2023 dilakukan di Universitas Terbuka yang dibuka di Wisma 2 yang kemudian peserta disebar dibeberapa tempat, seperti: Wisma 2, Wisma 3, dan FHISIP. Peserta digabung menjadi setiap program studi (prodi) dan antara prodi satu dengan lainnya melakukan kerja individual.

Pembukaan dan pengarahan dilakukan oleh Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. sebagai Dekan FHISIP dan kemudian dilanjutkan pengarahan teknik maupun sistematika penulisan oleh Hendrikus Ivoni Bambang Prasetyo, S.Sos., M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik. Capaian kegiatan ini adalah panduan dan pedoman, panduan dibuat untuk mahasiswa dan pedoman dibuat untuk penyelenggara seperti UT Daerah dan juga pihak-pihak eksternal yang dilibatkan dalam proses penyelenggaraan mahasiswa melakukan praktik praktikum.