PROGRAM STUDI
S1 ILMU PERPUSTAKAAN

VISI

“Unggul dalam pengembangan ilmu perpustakaan berbasis digital yang inklusif, profesional, adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi, serta berdaya saing global melalui pendidikan tinggi jarak jauh.”

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di bidang ilmu perpustakaan dan sains informasi yang inovatif dan berbasis teknologi digital.
  • Mengembangkan kompetensi lulusan yang mandiri dan beretika dalam pengelolaan perpustakaan dan informasi, serta penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui integrasi teori dan praktik.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perpustakaan dan informasi, serta pengembangan sistem pendidikan jarak jauh yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dinamika global.
  • Membangun jejaring kemitraan dengan lembaga perpustakaan dan informasi, institusi pendidikan, dan asosiasi profesi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat dengan menyediakan akses pendidikan yang fleksibel, adaptif, dan berbasis teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Tujuan

Dalam rangka mencapai visi dan misi Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, maka tujuan yang akan dicapai oleh Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan adalah sebagai berikut.

  • Menyediakan akses pendidikan tinggi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat melalui Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.
  • Menghasilkan lulusan yang mandiri dan beretika dalam pengelolaan perpustakaan dan informasi, serta penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dalam bidang perpustakaan dan informasi, serta pengembangan sistem pendidikan jarak jauh.
  • Memperluas kemitraan dengan lembaga perpustakaan dan informasi, institusi pendidikan, dan asosiasi profesi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Menyediakan akses pendidikan yang fleksibel, adaptif, dan berbasis teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Mahasiswa & Alumni

Mahasiswa

Alumni

Dosen

Berikut Daftar Dosen Prodi S1 Ilmu Perpustakaan

Events

The 40th Knowledge Sharing Forum (KSF) dalam rangka Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-41. “From Campus to Career: Master Your Public Speaking” Kamis, 18 September 2025 09.30 – 11.30 WIB

The 40th Knowledge Sharing Forum (KSF) dalam rangka Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-41.“From Campus to Career: Master Your Public Speaking" Sambutan:Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. (Rektor Universitas Terbuka) Narasumber:•⁠ ⁠Glory Rosari Oyong...

read more

Webinar Literasi Pemanfaatan Akses E-Resources Perpustakaan UT “Scopus dan PROQUEST” bersama Lie Ie Chiau (PT Jasaraya Tama Jaya Buana) Jumat, 12 September 2025 14:00-16:30 WIB

Yuk ikuti acara Webinar Literasi Pemanfaatan Akses E-Resources Perpustakaan UT "Scopus dan PROQUEST" bersama Lie Ie Chiau (PT Jasaraya Tama Jaya Buana), Catat tanggal pentingnya:🗓️ Jumat, 12 September 2025⏳ 14:00-16:30 WIB💻 Zoom meeting pada link berikut:...

read more

Full Paper Submission Deadline: 6 September 2025 Be part of the 7th Open Society Conference (OSC) hosted by Universitas Terbuka! “Collaborative Digital Transformation for Social Inclusion: Innovations, Equity, and Global Lessons” 14 October 2025

🌐✨ Be part of the 7th Open Society Conference (OSC) hosted by Universitas Terbuka! 📌 Theme: Collaborative Digital Transformation for Social Inclusion: Innovations, Equity, and Global Lessons🗓️ Date: 14 October 2025📍 Venue: Universitas Terbuka Convention Center...

read more

Webinar Series LPPM UT “AI & Keuangan Digital: Mengelola Finansial di Era Semua Serba Online” Selasa, 26 Agustus 2025 Pukul 13.00—15.00 WIB

FHISIPERS Pusat Riset Inovasi PTJJ LPPM UT akan menyelenggarakan *Webinar Series #4 FOCAL (Forum of Collaboration to Leverage Innovation)* _kolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Terbuka serta KOMDIGI,Bank Raya,RRI,Siber Kreasi dan ICT Watch_ 💻 Tema: *"AI &...

read more

“Saatnya AKTIVASI TUTON Paling lambat 8 September 2025” Tidak ada lagi Tugas Mata Kuliah (TMK) pada Kurikulum Baru (KURBA)

🎓✨ Halo FHISIPERS!! MAHASISWA BARU WAJIB AKTIVASI TUTON Paling lambat 8 September 2025 di myut.ut.ac.id Bagi Mahasiswa Lama yang sebelumnya TMK, bila belum pernah melakukan aktivasi tuton, segera lakukan aktivasi tuton! Pastikan akun ecampus (office 365) Aktif!...

read more

Pengumuman Perpanjangan Buat Kamu yang Masih Belum melakukan Registrasi Mata Kuliah dan Pembayaran Uang Kuliah serta Cara Registrasi Mata Kuliah Kurikulum Baru Layanan SIPAS dan Non SIPAS

📣 PENGUMUMAN PERPANJANGAN BUAT KAMU YANG MASIH BELUM MELAKUKAN REGISTRASI MATA KULIAH DAN PEMBAYARAN UANG KULIAH! Halo, FHISIPERS Program Diploma dan SarjanaAda perpanjangan nih! 👨‍💻Pendaftaran Mahasiswa Baru Non-RPL s.d. 13 Agustus 2025💸 Pembayaran LIP & Unggah...

read more

Jam Layanan

Senin – Jum’at : 08.30 – 16.00 WIB
Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB

*Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal

Katalog

Katalog Sistem Penyelenggaraan

Katalog Kurikulum

 

Buku Saku

Buku Saku Kurikulum Baru FHISIP UT

UT DAERAH

SENTRA LAYANAN UT (SALUT)

Kalender Akademik

Sarjana Diploma

 

Panduan Mahasiswa

Informasi Umum

 

Call Center Hallo UT

(021) 1500024

Layanan Tiket Hallo UT

Instagram