Pada awal Agustus 2023 tepatnya 4 Agustus 2023 Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi melakukan pendampingan implementasi kerja sama UT Palembang dengan Perpustakaan Wilayah Palembang. Ibu Fitriana, S.Sos., M.Si. sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya agar pegawai perpustakaan dapat melanjutkan studinya di pendidikan formal. Hal ini disebabkan karena beberapa pegawai perpustakaan di wilayah provinsi Palembang dari lulusan SMA/sederajat dan S1 non perpustakaan, sedangkan untuk perpustakaan seharusnya pegawai perpustakaan didominasi oleh pustakawan. Keinginan dari Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel difasilitasi oleh ibu Dr. Meita Istianda, S.IP., M.Si., selaku Direktur Universitas Terbuka Palembang, sehingga pertemuan antara FHISIP-UT dan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel bisa terlaksana dengan baik.

Sambutan dari Wakil Dekan II FHISIP-UT Dr. Siti Aisyah, M.Si., memberikan informasi perubahan seputar akademik. RPL diterapkan untuk para pustakawan atau yang ingin melanjutkan S1 perpustakaan dengan pembebasan matakuliah yang berjumlah 21 matakuliah atau sekitar 71 SKS.

Gayung bersambut dengan sistem penerimaan mahasiswa UT dengan metode rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Pegawai perpustakaan dapat memilih RPL perolehan yaitu capaian pembelajaran yang diperoleh dengan ijazah SMA/sederajat, sertifikat pelatihan sesuai dengan program studi, minimal 2 tahun bekerja di perpustakaan, dan sertifikat workshop/simposium yang mendukung.

Ketua Program Studi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi, Majidah, S.Sos., M.I.Kom menambahkan informasi bahwa UT dari tahun ke tahun telah melaksanakan pembaharuan kurikulum dan kebijakan-kebijakan akademik. Pada 2008 kebijakan dari Kementerian D2 perpustakaan di nonaktifkan, mahasiswa-mahasiswa yang masih dijenjang D2 dimutasikan ke S1 perpustakaan dan Sains Informasi. RPL ini tidak saja dari mahasiswa D2 Perpustakaan (UT ke UT), namun sudah membuka untuk mahasiswa dari universitas konvensional umum atau dari universitas yang keagamaan seperti UIN/IAIN.  Pada tahun 2023 prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi membuat perubahan secara signifikan pada registrasi mahasiswa dengan metode RPL, yang semula RPLnya dengan sistem transfer, saat ini sudah ada RPL perolehan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pertukaran cinderamata oleh kedua belah pihak.