Prodi Administrasi Publik Bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian (ADPG) merupakan salah satu wujud kerjasama antara FHISIP Universitas Terbuka dengan Pendidikan Ilmu Kepegwaian (PIK) BKN. Setelah beberapa tahun berjalan, kurikulum ADPG perlu dilakukan pemutakhiran agar dapat tetap eksis seiring perkembangan teknologi informasi.

Berdasarkan peraturan perundangan, Kurikulum adalah salah satu perangkat rencana dan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran sebagai alat untuk mewujudkan tujuan dari perguruan Tinggi. Dalam perkembangannya, kurikulum harus diperbaharui mengikuti perkembangan kebutuhan dan IPTEKS yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran. Pembaharuan atau pemutakhiran kurikulum menjadi kegiatan yang sangat diperlukan dan strategis serta dinamis dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan. Oleh sebab itu, Prodi Administrasi Publik bidang minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian FHISIP bersama PIK BKN melakukan Workshop Re-Kurikulum Administrasi Kepegawaian (ADPG) sekaligus memperbaiki Bahan Ajar yang digunakan.

Kegiatan ini dilakukan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 12 hingga 14 Juni 2023 bertempat di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN-BKN di Jalan Pandansari No. 33 KM 45 Tol Jagorawi, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peserta yang menghadiri kegiatan ini adalah Pihak FHISIP-UT dan Kepegawaian BKN. Adapun perwakilan dari FHISIP UT, yaitu Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D selaku Dekan FHISIP; Hendrikus Ivon Bambang Prasetyo, S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik; Ridho Harta, S.Sos., M.Si selaku Ketua Prodi Administrasi Publik; Nur Ambia Arma, M.AP selaku Dosen tetap Administrasi Publik; dan Rani Dwi Saraswati, S.AP selaku staf Administrasi. Dari Pihak BKN sendiri dihadiri oleh Satya Pratama, S.Sos, m.Sc selaku Kepala Pusbangpeg BKN; dan 39  pegawai BKN lainnya selaku penulis BMP yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Hari Pertama dibuka dengan kata sambutan dari Dekan FHISIP UT dan dilanjutkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN (Pusbangpeg) BKN. Narasumber dari Ahli Kepegawaian dengan tema materi “Kebijakan Manajemen ASN” disampaikan oleh Iwan Hermanto, M.inf.Sys. Beliau menekankan bahwa pembelajaran mahasiwa Kepegawaian ini harus lebih berorientasi kepada Core Values ASN sebagai sari dari nilai-nilai dasar seorang ASN, yaitu diantaranya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmois, Loyal. Adaptif, dan Kolaboratif. Sedangkan materi terkait kurikulum disampaikan oleh Wakil Dekan bidang akademik FHISIP-UT.

Dalam penjelasan kurikulum, tim penyusunan kurikulum ADPG langsung dilakukan perubahan dan finalisasi seperti Visi-Misi dan tujuan Program Studi Administrasi Publik bidang minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian; Capaian Pembelajaran; hingga menuntaskan struktur mata kuliah.

Hari kedua dilanjutkan dengan presentasi mengenai penulisan Rancangan Mata Kuliah (RMK) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disampaikan kembali oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FHISIP-UT. Di bagian ini, para penulis BMP diminta untuk menyelesaikan RMK serta RPS. Setelah pembahasan materi RMK, para penulis diberikan waktu untuk mengerjakan dan menyelesaikan RMK serta RPS.  Hari ketiga dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait penulisan BMP. Dan kemudian dilanjutkan dengan penutupan.

Dekan FHISIP UT dalam penutupan menyampaikan apresiasi terhadap BKN atas terselenggaranya kegiatan pemutakhiran kurikulum ADPG ini. Dan harapannya, kelas kerjasama untuk mahasiswa dari ASN ini dapat diperluas lagi jangkauannya, tidak hanya untuk penerima beasiswa BKN, melainkan juga untuk ASN seluruh Indonesia.