FAQ IKOM REGISTRASI

FAQ

Frequently Asked Question (FAQ) merupakan daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mahasiswa dan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi 

FAQ Registrasi

FAQ mengenai Registrasi ini akan menjawab pertanyaan mengenai waktu, cara dan juga biaya registrasi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka

Kapan waktu melakukan registrasi bagi calon mahasiswa?

Pendaftaran di Universitas Terbuka dibuka sepanjang tahun, tetapi pelaksanaan registrasi mengikuti kalender akademik yang dibuka setahun dua kali. Kalender akademik dapat diakses di laman www.ut.ac.id atau bertanya langsung ke kantor UT daerah terdekat.

Bagaimana cara melakukan registrasi?

Calon mahasiswa dapat melakukan registrasi secara offline atau secara online.
Registrasi offline dapat dilakukan di UT Daerah. Formulir registrasi dapat diperoleh di UT Daerah atau di laman UT (https://www.ut.ac.id). Mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melalui Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, kecuali bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura dan Malaysia, registrasi dilakukan di UT Batam dan mahasiswa yang berdomisili di Brunei Darussalam, registrasi dilakukan di UT Tarakan.
Calon mahasiswa dapat melakukan registrasi online melalui https://admisi-sia.ut.ac.id/.

Berapa biaya registrasi?

Biaya pendaftaran mahasiswa baru untuk program diploma dan sarjana sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) dan untuk mahasiswa yang melakukan pengajuan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dikenai biaya sebesar Rp300.000,00 (Tiga Ratus Ribu Rupiah).

Apa perbedaan mendaftar jalur RPL dan Non RPL?

Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang sudah menempuh pembelajaran formal di Perguruan Tinggi sebelumnya atau pendidikan informal yang dapat dibuktikan dan berencana mengajukan pengakuan mata kuliah di Universitas Terbuka.Jalur Non RPL diperuntukkan untuk calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/ sederajat.

Apakah lulusan ijasah Paket C bisa melanjutkan studi di UT?

Tentu bisa, dengan memilih jalur Non RPL. Pendaftaran bisa dilakukan secara online pada laman admisi-sia.ut.ac.id atau secara offline di UT daerah terdekat.

Apa itu SIPAS dan Non-SIPAS?

SIPAS (Sistem Paket Semester) adalah penawaran mata kuliah yang dirancang dalam bentuk pemaketan mata kuliah per semester. Non-SIPAS (Sistem Paket Semester) adalah penawaran mata kuliah yang tidak dirancang dalam bentuk paket mata kuliah yang akan mempermudah mahasiswa yang memilih alih kredit untuk memilih mata kuliah secara mandiri.
Jenis SIPAS:
a. SIPAS Plus adalah layanan sistem paket semester yang memberikan layanan Tutorial Tatap Muka (TTM) atau Tutorial Webinar (Tuweb) untuk seluruh mata kuliah ditambah dengan pemberian pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.
b. SIPAS Penuh adalah layanan sistem paket semester yang memberikan layanan TTM atau Tuweb untuk seluruh mata kuliah.
c. SIPAS Semi adalah layanan sistem paket semester yang menyediakan layanan TTM atau Tuweb maksimal 3 (tiga) mata kuliah.
d. SIPAS Non-TTM adalah layanan sistem paket semester yang tidak menyediakan layanan TTM atau Tuweb.

Ask A Question

Feedback FAQ dapat dikirim melalui email prodi-skom@ecampus.ut.ac.id

Questions are the root of all answers.
Don’t Be Shy!