Tangerang Selatan – Universitas Terbuka (UT) menunjukkan komitmen dan inovasi dalam hal pendidikan tinggi di Indonesia dengan meluncurkan salah satunya adalah Program Studi S-1 Perpajakan di bawah Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) yang diselenggarakan tanggal 24 Juni 2024 secara hybrid di Wisma 2 Universitas Terbuka untuk luring dan juga melalui Zoom Meeting maupun Youtube ”Universitas Terbuka TV” untuk daring yang dihadiri seluruh sivitas akademik Universitas Terbuka yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri dan juga masyarakat umum.

Turut hadir dalam acara peluncuran Program Studi S-1 Perpajakan sebagai mitra di antaranya Wakil Walikota Tangerang Selatan yaitu Bapak H. Pilar Saga Ichsan, S.T, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat yaitu Bapak Mokh. Solikhun, Ketua Umum Indonesian Fiscal and Tax Administration Association (IFTAA) sekaligus Direktur PT. Pratama Indomitra Konsultan yaitu Bapak Dr. H. Prianto Budi Saptono, Ak., CA., M.B.A., dan Ketua 1 Asosiasi Teknisi Perpajakan Indonesia (ATPI) yaitu Drs. Samidin, Ak., M.M. Saat peluncuran Program Studi S-1 Perpajakan FHISIP UT juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial yaitu Dr. Meita Istianda, S.IP., M.Si. dengan mitra yaitu dengan ATPI yang wakili oleh Bapak Drs. Samidin, Ak., M.M. dan juga Direktur PT. Pratama Indomitra Konsultan yaitu Bapak Bapak Dr. H. Prianto Budi Saptono, Ak., CA., M.B.A. Penandatanganan disaksikan oleh Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. sebagai Rektor Universitas Terbuka, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. sebagai Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis, dan juga Bapak H. Pilar Saga Ichsan, S.T sebagai Wakil Walikota Tangerang Selatan. Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dilakukan sebagai bentuk komitmen dan inovasi dalam mendukung proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi baik untuk sivitas akademika, mahasiswa, dan masyarakat sekitar yang berkualitas.


Program Studi S-1 Perpajakan dirancang untuk sinergi lintas generasi dalam membangun generasi profesional pajak yang berkualitas, keberadaan Program Studi S-1 Perpajakan juga masih sangat sedikit dan dapat dibuktikan di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Universitas Terbuka yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum merupakan Perguruan Tinggi Negeri pertama yang menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk Program Studi S-1 Perpajakan yang terbuka dan jarak jauh serta menjadi Perguruan Tinggi Negeri kedua yang memiliki Program Studi S-1 Perpajakan.

Program Studi S-1 Perpajakan berkomitmen dengan kolaborasi dengan industri maupun pemerintah yang menunjang penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dengan tercermin dalam kurikulum dan profil lulusan yang dibutuhkan di Indonesia, Program Studi S-1 Perpajakan berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan program-program yang relevan dengan dinamika perpajakan secara global. Dengan demikian, lulusan siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan berkontribusi positif terhadap perekonomian negara.

Saat ini Program S-1 Perpajakan telah dibuka di 39 UT Daerah dan 1 UT Layanan Luar Negeri dan siap untuk menerima mahasiswa baru. Dengan peluncuran ini, Program Studi S-1 Perpajakan berharap dapat memberikan kontribusi nyata dan mencetak profesional pajak yang siap menghadapi tantangan di masa depan. Mari bergabung dan menjadi bagian dari Program Studi S-1 Perpajakan!!