Kegiatan Membina Desa adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan ini mempunyai tema yaitu Membangun Desa. Terdapat 5 program yang menjadi bagian tugas mahasiswa yaitu: Zero News Stunting, Literasi Masyarakat Miskin Ekstrim, One Product One Village, One Product One Innovation, dan Pusat Kesejahteraan Sosial. Universitas Terbuka turut mengambil bagian dari kegiatan ini. Hal ini karena Universitas Terbuka memiliki salah satu misi yaitu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adapun desa yang menjadi lokasi mahasiswa Universitas Terbuka khususnya mahasiswa FHISIP yaitu Desa Buahdua, Sumedang. Kurang lebih selama 4 bulan, 15 mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Terbuka melaksanakan kegiatan di Sumedang dengan berbagai cerita yang sarat dengan ilmu baru yang diperoleh dari 1 bulan pertama mengikuti kegiatan Membangun Desa ini. Dari 15 mahasiswa tersebar ke ketiga desa di Sumedang, mereka bergabung dengan mahasiswa dari universitas lain. Banyak kegiatan yang menyatukan hingga memberi kenangan yang sangat melekat sebagai sebuah tim dengan berbagai karakter dan budaya yang berbeda satu sama lain.

Salah satu program unggulan yaitu Zero News Stunting untuk membantu masyarakat sekitar mulai dari mensosialisasi pentingnya MPASI, membantu kader-kader posyandu, membuat buku panduan anti-stunting.

Terdapat juga program One Product One Village yaitu peresmian produk Opak D’dya.

Selain program yang dilaksanakan, tim delegasi melakukan kegiatan tambahan seperti membuat tugu pembatas desa.