Tangerang Selatan, 19 Januari 2024 – Dalam sebuah upacara yang penuh semangat dan kebanggaan, RENJANI (Relawan Pajak untuk Negeri) 2024 resmi dikukuhkan oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Banten Mokh. Solikhun. Terdapat sekitar 600 mahasiswa yang lolos dan dikukuhkan sebagai Renjani 2024 dari berbagai perguruan tinggi di wilayah DJP Banten, termasuk Universitas Terbuka yang turut andil berpartisipasi aktif pada setiap tahunnya dalam mengikuti Program Relawan Pajak. Tax Center Universitas Terbuka yang dikelola oleh Program Studi D-III Perpajakan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) selalu berpartisipasi aktif dalam Program tersebut sebagai bentuk implementasi atas kolaborasi dan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian kepada Masyarakat dan memperkuat sinergitas institusi.

Pengukuhan diadakan di Universitas Multimedia Nusantara pada hari Jum’at, tanggal 19 Januari 2024, menandai tonggak dalam upaya meningkatkan kesadaran warga terkait pentingnya pelaksanaan kewajiban perpajakan.

Mahasiswa melalui serangkaian seleksi dan tes hingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai Renjani. Maka, pada tahun 2024 terdapat 11 mahasiswa Universitas Terbuka yang lolos dan dikukuhkan menjadi Relawan Pajak sebagai salah sebagai agen perubahan yang berkomitmen dalam menggalang semangat kepatuhan fiskal di tengah Masyarakat. Universitas Terbuka patut berbangga dikarenakan salah satu dari mahasiswa yang lolos menjadi Renjani memperoleh peringkat Tiga Tertinggi dari seluruh peserta yang mengikuti seleksi se-Provinsi Banten.

Selanjutnya, setelah dikukuhkan para mahasiswa siap untuk melaksanakan fase pendayagunaan yang dimulai dari bulan Februari hingga Desember 2024. Dalam fase pendayagunaan itu, para Renjani terjun langsung melayani masyarakat terkait kebutuhan perpajakan, yaitu dengan memberikan asistensi pengisian spt, melakukan fungsi kehumasan serta turut aktif dalam memberikan edukasi terkait Perpajakan melalui media sosial kepada masyarakat.

Kegiatan Renjani mencerminkan adanya komitmen kuat mahasiswa dan civitas akademika untuk berkontribusi dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sistem perpajakan kepada masyarakat. Dengan semangat kepedulian sosial sebagai pendorong utama, Tax Center Universitas Terbuka bertekad untuk mendorong kesadaran perpajakan serta memberikan dukungan kepada pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. (written by: Tim Tax Center Universitas Terbuka)