Jakarta, 25 Oktober 2023 – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka baru-baru ini sukses melaksanakan dua seri acara e-lecturing yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan para mahasiswa. Acara tersebut dilakukan secara berseri dimana sesi 2 memfokuskan pembahasan pada pendekatan kuantitatif sedangkan sesi 3 memfokuskan pembahasan pada pendekatan kualitatif dalam penelitian komunikasi.

Seri 2 : Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi

Pada tanggal 11 Oktober 2023, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka mengadakan acara e-lecturing seri 2 dengan teman “Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Komunikasi.” Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai metode penelitian kuantitatif dalam ilmu komunikasi. E-lecturing ini dihadiri secara daring oleh 225 mahasiswa yang saat ini mengikuti mata kuliah SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi dan SKOM4560 Karya Ilmiah.

Acara e-lecturing seri 2 diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dra.Arifah Bintarti, M.Si kemudian dilanjutkan pemberian sambutan sekaligus pembuka acara oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FHISIP UT, H.I Bambang Prasetyo, S.Sos., M.Si. Acara ini menampilkan Dr. Santi Isnaini, MM seorang dosen Ilmu Komunikasi dari Universitas Airlangga sebagai narasumber utama. Seperti yang disampaikan oleh Bapak H.I Bambang Prasetyo, S.Sos., M.Si, bahwa inilah kelebihan UT karena dapat mengambil narasumber yang ahli dalam bidangnya dari berbagai daerah di Indonesia. Acara dipandu oleh Yonarisman Muhammad Akbar, S.Ikom., M.A yang bertindak sebagai moderator. Materi yang dibahas dalam seri ke-2 ini adalah mengenai penelitian kuantitatif terutama metode survei. Materi ini merujuk pada modul 4 hingga modul 6 BMP SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi.

Seri 3 : Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Komunikasi

Pada tanggal 20 Oktober 2023, telah dilaksanakan seri 3 kegiatan e-lecturing dengan tema “Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Komunikasi.” Acara yang dilaksanakan secara daring ini diikuti 245 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UT yang mengambil mata kuliah SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi dan SKOM4560 Karya Ilmiah. Sesuai dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dra. Arifah Bintarti, M.Si, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terbaru dalam konsep dasar penelitian kualitatif serta membuka ruang diskusi bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah karya ilmiah. Kegiatan ini juga melibatkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,  FHISIP UT, Anto Hidayat, S.IP., M.Si yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Kegiatan e-lecturing. Seri 3 ini menampilkan Dr. Sunarto, M.Si seorang dosen Ilmu Komunikasi dari FISIP Universitas Diponegoro, sebagai narasumber utama. Kegiatan dan diskusi dalam seri ini dipandu oleh Nurkhalila Fajrini, S.Ikom., M.I.Kom, sebagai moderator. Pembahasan e-lecturing seri 3 ini mencakup metode studi kasus, etnografi, dan semiotika yang merujuk pada modul 7 hingga modul 9 BMP SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi.

Kegiatan e-lecturing ini merupakan upaya dari Program Studi Ilmu Komunikasi FHISIP UT untuk memberikan bekal materi bagi mahasiswa yang sedang  mengambil mata kuliah SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi dan SKOM4560 Karya Ilmiah. Dengan mempelajari pendekatan kuantitatif dan kualitatif, diharapkan mahasiswa dapat memahami fenomena sosial dalam masyarakat secara lebih komprehensif melalui pendekatan komunikasi.

Dalam pelaksanaannya e-lecturing seri 2 dan 3 telah  berlangsung dengan sukses terbukti banyaknya diskusi dari mahaiswa kepada narasumber, sehingga e-lecturing ini menjadi dinamis. Program Studi Ilmu Komunikasi FHISIP UT terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang relevan dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat di era komunikasi modern. Acara ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka dalam penelitian komunikasi dan mempersiapkan mereka untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Tayangan tentang e-lecturing ini bisa dilihat pada channel youtube Universitas Terbuka TV di alamat https://sl.ut.ac.id/ElecturingIkomSeri2 dan https://sl.ut.ac.id/ElecturingIkomSeri3.