Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja, tetapi juga dengan masa depan yang berubah begitu cepat. Oleh karenanya dalam upaya merealisasikan hal tersebut, FHISIP UT terus meningkatkan jalinan kerjasama dengan PTN/PTS yang ada di Indonesia. Kamis 25 Mei 2023, FHISIP-UT kembali melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan FISIP Universitas Padjadjaran Bandung (UNPAD) yang dilakukan pada pukul 10.00 WIB di Ruang Sidang Besar Lantai 2 FHISIP UT.

Kegiatan PKS ini diawali dengan sambutan dari Dekan FHISIP UT, yaitu Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. menyampaikan bahwa perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan 2 Bidang Sumberdaya dan Organisasi FISIP UNPAD Prof. Dr. Mohammad Benny Alexandri, S.E., M.M.., yang menekankan bahwa dalam mengimplementasikan kegiatan PKS tentunya harus berfokus pada satu tujuan bersama. Perjanjian ini difokuskan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan berjalan lancar dan sukses. Perwakilan dari FHISIP UT pada kegiatan ini selain Dekan FHISIP juga di hadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kaprodi Ilmu Administrasi Administrasi Bisnis, Kaprodi Ilmu Pemerintahan, Kaprodi Perpajakan, Kaprodi Kearsipan dan Kaprodi Sosiologi, Staf Dosen dan tendik. Sementara FISIP UNPAD yang hadir adalah Wakil Dekan 2 yang membindangi Sumberdaya dan Organisasi, Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Alumni, Manajer Riset, Inovasi dan Kemitraan, Manajer Sumber Daya, Perencanaan dan Inovasi, Ketua Unit Pejamin Mutu dan Kepala Unit Internasional.

Rombongan dari FISIP UNPAD kemudian melanjutkan kegiatan kunjungan ke unit Lembaga Layanan Operasi Pembelajaran (LLOP) Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (PPBAM) dan Pusat Layanan Bahan Ajar  (PUSLABA) Universitas Terbuka. Rombongan mendapat penjelasan langsung dari Kepala LLOP yaitu: Drs. Jamaludin, M.Si dan Arief Rahman Susila, S.E., M.Si. yang di wakili oleh Suhendro, S.Kom.
Dengan ditandatanganinya PKS ini diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pada masing-masing institusi di masa mendatang. (rdh)