Beberapa waktu yang lalu, viral tentang pengesahan pernikahan beda agama di Indonesia yang membuat banyak netizen memberikan komentar karena adanya adanya aturan hukum yang tidak membenarkan pernikahan beda agama dilaksanakan di Indonesia.

Berangkat dari isu tersebut, Pojok Hukum Universitas Terbuka Eps. 3 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2022 pukul 09.00 WIB, mengangkat tema “Polemik Pernikahan Beda Agama dalam Sistem Hukum Indonesia” yang dibawakan oleh Rivaldhy N. Muhammad, S.H.,M.H., dosen Prodi Ilmu Hukum UT yang bertugas di UPBJJ Jayapura dan M. Tabrani Mutalib, S.H.,M.H., seorang pengajar dan advokat/managing partnet MTM Associates.

Kedua narasumber yang sama-sama berasal dari wilayah Indonesia timur tersebut memaparkan bagaimana sejarah terciptanya peraturan pernikahan yang berbeda tiap golongan warga negara sejak zaman penjajahan hingga berlakunya UU No.16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas UU Perkawinan.

Karena tema yang diangkat cukup menarik, penonton live Instagram dan Youtube pun banyak memberi pertanyaan terkait tema. Walaupun dibatasi durasi dan perbedaan zona waktu, seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Hingga akhir acara jumlah views pada live Instagram yang tersimpan mencapai 90 kali tayang dan di Youtube Prodi Ilmu Hukum UT mencapai 115 kali tayang. Seluruh acara Pojok Hukum Eps. 2 “Konsultasi Hukum : Teliti Sebelum Membeli Aset” dapat disaksikan kembali melalui tayangan Instagram di akun @ilmuhukum_ut pada link berikut klik di sini.

Atau melalui laman Youtube UTTV pada link berikut https://sl.ut.ac.id/PojokHukum-YT.