Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja, tetapi juga dengan masa depan yang berubah begitu cepat. Oleh karenanya dalam upaya merealisasikan hal tersebut, FHISIP-UT terus meningkatkan jalinan kerjasama dengan PTN/PTS yang ada di Indonesia.

Jum’at 3 Juni 2022, FHISIP-UT kembali melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan FISIP Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN) yang dilakukan pada pukul 09.30 WIB di GSG UIN Bandung. Kegiatan PKS ini diawali dengan sambutan dari Dekan FHISIP UT, yaitu Dr. Sofjan Aripin, M.Si., dimana beliau antara lain menyampaikan bahwa perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FISIP UIN, Prof. Ahmad Ali Nurdin, M.A., Ph.D., yang menekankan bahwa dalam mengimplementasikan kegiatan PKS tentunya harus berfokus pada satu tujuan bersama. Perjanjian ini difokuskan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan berjalan lancar dan sukses. Perwakilan dari FHISIP UT pada kegiatan ini selain Dekan FHISIP UT juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua Jurusan Ilmu Administrasi, Kaprodi Ilmu Administrasi Negara, Staf Dosen dan tendik UT. Sementara FISIP UIN yang hadir adalah Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, para Ketua Jurusan, para Kaprodi di lingkungan FISIP UIN, para Dosen dan Tendik. Tepat pada Pukul 11.00 WIB kegiatan penandatanganan PKS berakhir dan rombongan FHISIP UT pun pamit meninggalkan kampus UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Rombongan dari FHISIP-UT kemudian melanjutkan perjalanan menuju Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, untuk melakukan PKS antara Program Studi Ilmu Administrasi Negara FHISIP-UT dengan Program Studi Administrasi Publik FISIP UNPAD. Kegiatan dilakukan pada pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB bertempat di GSG UNPAD Kampus Jatinangor. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dekan FISIP UNPAD yang mana dalam hal ini di wakili oleh WD 1, yaitu Ibu Ida Widianingsih, S.IP., MA., PhD., yang membidangi Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya kegiatan ini guna meningkatkan kemajuan bagi kedua belah pihak dalam memajukan pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi, apalagi UT merupakan leader  di bidang Pendidikan Tinggi Jarak jauh.

Setelah sambutan dari kedua belah pihak, dilanjutkan dengan penandatanganan PKS oleh Dekan FHISIP-UT dan Dekan FISIP UNPAD yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 FISIP UNPAD. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Para Kajur dan Kaprodi masing-masing perguruan tinggi. Dengan ditandatanganinya PKS ini diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pada masing-masing institusi di masa mendatang. (rdh)