Logo FISIP

    Web UT    mail  office 365
Making Higher Education OpenTo All

Tri Darmayanti, M.A., Dr.

tri-darmayanti 

Nama Lengkap

Tri Darmayanti, M.A., Dr.

Telepon kantor

021-7490941 ext. 1922

Alamat Kantor

Gedung Fakultas III Lt. 1, UT

Email

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

A.      Riwayat Pendidikan Perguruan Tinggi               

Jenjang Pendidikan

Tahun

Institusi

Doktor

2006

Universitas Indonesia, Depok

Master

1994

University of Victoria, Canada

Sarjana Strata 1

1986

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

B.      Karya Ilmiah

Darmayanti, T., Arifah, B., & Suharmini, S.W. (2012). Prototipe kuliah umum berbasis ubiquitous learning pada pendidikan jarak jauh. Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darmayanti, Tri., Rachmatini.M., Karim, Firman., & Nurhayati, Ratna. (2011). Studi jangka panjang tentang efektivitas intervensi psikologis dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh,12 (1), 1-18.

Budiman, R., & Darmayanti, T. (2010). Supporting distance education student’s interaction through online learning. Paper presented in the 24th Annual Conference of AAOU Open Distance Learning Towards Building Sustainable Global Learning Communities’ Hanoi, Vietnam, 26-28 October 2010.

Darmayanti, Tri., Sutartono., & Festati, Mani. (2010). Enhancing Distance Education Student’s Interaction through Online Learning. Seminar Internasional tentang Integrating Technology into Education. Jakarta 17-18 Mei 2010. Penyelenggara APPJJI.

Tri Darmayanti, Sutartono and Mani Festati Broto, “ Enhancing Distance Education Student’s Interaction through Online Learning”, Paper presented in the APPJJI Internasional Seminar: Integrating Technology into Education. APPJJI Jakarta 17-18 Mei 2010.

Darmayanti, Tri., Rachmatini.M., Karim, Firman., & Nurhayati, Ratna. (2008). Studi jangka panjang tentang efektivitas intervensi psikologis dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh. Laporan penelitian yang tidak dipublikasikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darmayanti, Tri. (2008). Efektivitas intervensi keterampilan self-regulated learning dan keteladanan dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 9 (2), 68-82.

Darmayanti,Tri., Santosa, Agus., & Sinar, Tengku Eduard Azwar. (2008).  Pemanfaatan e-learning dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.  Seminar Nasional: Membangun Layanan Akademik yang Berkualitas antar Institusi Penyelenggara Program Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui Pemanfaatan e-Learning. Jakarta,  13 Desember 2008. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Terbuka.

Darmayanti,Tri., & Dewiki, S. (2008).  Mencapai tujuan MDGs dalam peningkatan SDM melalui pendidikan jarak jauh. Seminar Nasional tentang  Kontribusi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dalam Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs). Jakarta, 10 Maret 2008. Asosiasi Profesi Pendidikan Jarak Jauh Indonesia & Ikatan Alumni Universitas Terbuka.

Darmayanti, Tri., Setiani, Made Yudhi., & Oetojo, Boedhi. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh: Konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8 (2), 99-113.

Darmayanti,Tri. (2007). Pemanfaatan ICT pada pendidikan jarak jauh. Pada Seminar ”Proses belajar mandiri jarak jauh keunggulan dan kelemahannya” dalam rangka Penyerahan Ijasah UPBJJ Palu. Palu,  26 Mei 2007,Universitas Terbuka

Darmayanti, Tri,, & Mutiara, Dewi. (2006). Tutorial online: Pemanfaatan ICT pada pendidikan jarak jauh. Disajikan pada Seminar Nasional Bersama IT/ICT Membangun Bangsa: Aplikasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Indonesia 2006, Jakarta, 30 November 2006, Program Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta.

Darmayanti, Tri. (2006).  pada Seminar Wisuda Periode IV Universitas Terbuka dengan tema “Peran pendidikan jarak Jjuh dalam pemberdayaan perempuan bagi pembangunan nasional “, Jakarta, 4 Desember 2006, Universitas Terbuka.

Efektivitas intervensi keterampilan self-regulated learning dan keteladanan dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh. Disajikan pada Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 18 April 2006, Depok.

Darmayanti, Tri. (2006). Efektivitas intervensi keterampilan self-regulated learning dan keteladanan dalam meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan jarak jauh. (Disertasi yang tidak dipublikasikan). Jakarta: Program Pasca Sarjana, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.

Tri Darmayanti dkk Civil Society and Distance Education: A Shifting Paradigm: A Case Study on Universitas Terbuka Student  Seminar Internasional AAOU 15-17 Sep 2005

Pengembangan tutorial melalui media telepon pada pendidikan jarak jauh: Studi kasus di FISIP – Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 5 (2), 108-127.

Darmayanti, Tri., & Sumantri, Denny Eka. (2004). Inovasi dari tangan pertama. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4 (2), 68-71.

Darmayanti, Tri., Dewiki, Santi., Asih, Irsanti Widuri., & Nurhayati, Ratna. (2004). Participation of Indonesian students in the asynchronous online course. Makalah disajikan pada The 7th SEAMOLEC-UT International Seminar on Open and Distance Learning for Sustainable Development, 2-3 September 2004, Jakarta,  Indonesia.

Darmayanti, Tri., Islam, Samsul., & Asandhimitra (2004). Kemandirian belajar pada pendidikan tinggi  jarak jauh. Dalam Asandhimitra., & kawan-kawan.  (Eds.). Pendidikan tinggi jarak jauh. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Darmayanti, Tri. (2004). Dampak inovasi tutorial elektronik terhadap peran tutor pada pendidikan tinggi jarak jauh. Dalam Asandhimitra., & kawan-kawan.  (Eds.). Pendidikan tinggi jarak jauh. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Pengembangan tutorial melalui media telepon pada pendidikan jarak jauh: Studi kasus di FISIP - Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

E-learning: Changing univeristy teaching and learning in Indonesia.  Disajikan pada The 4Th Comparative Education Society of Asia Biennial Conference, 21- 22 July 2003, Bandung, Indonesia.

Darmayanti,Tri. (2002). Kemauan belajar (learning volition) mahasiswa pendidikan jarak jauh: Studi kasus di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 3 (1), 89-104.

Darmayanti,Tri., & Belawati, Tian.. (2002). Kemauan belajar (learning volition) mahasiswa pendidikan jarak jauh: Studi kasus di Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka, Lembaga Penelitian.

Penerapan e-learning untuk tutorial pada pendidikan jarak jauh. Disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 18 – 19 July 2002, Jakarta, Indonesia.

Self-Directed Learning Readiness Scale: Adaptasi instrumen penelitian belajar mandiri. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2 (2), 126 - 136.

Strategi Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka: [URL:http://www.ut.ac.id]

Readiness for self-directed learning and achievement of the students of Universitas Terbuka (The Indonesian Open Learning University)

C.      Karya Ilmiah (sebagai anggota tim)                   

Budiman, R., & Darmayanti, T. (2010). Supporting distance education student’s interaction through online learning. Paper presented in the 24th Annual Conference of AAOU Open Distance Learning Towards Building Sustainable Global Learning Communities’ Hanoi, Vietnam, 26-28 October 2010.

Bintarti, Arifah., Darmayanti, Tri., & Pramudihyanto. (2008). Efektivitas komunikasi dan prestasi belajar mahasiswa pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,14 (70),199-222.

Mildawani, Tri., & Darmayanti, Tri. (2005). Human and computer interaction: A psychological approach. Paper presented in the The 1st Congress of the Asian Council of Psychologist “Bringing Asian Culture and values into Psychology, in search of Asian Psychologist”, August 14 – 16, Jakarta, Indonesia. 

Windrati, Nila Kusuma., & Darmayanti, Tri. (2005). The effectiveness of interactive communication in keeping the study endurance of the students in distance education: A case of “Counseling Online Program” at Universitas Terbuka – Indonesia. Paper presented in the The 19th AAOU Annual Conference “Building Knowledge-Based Society through Open and Distance Education”, 15-17 September, Jakarta, Indonesia

Suryanto, Adi., & Darmayanti, Tri. (2001). Improving the quality of distance education through the evaluation quality improvement. Disajikan pada The International 7th Symposium on Open and Distance Learning conducted by IDLN & SEAMOLEC, 12-14 Nopember 2001, Yogyakarta, Indonesia.

Anggoro, M. Toha., Hardhono, A. P., Belawati, Tian., & Darmayanti, Tri. (2001). Tutorial elektronik melalui internet dan fax-internet. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2 (1), 60-77.

                                      

 

FHISIP UNIVERSITAS TERBUKA

Gedung Fakultas 3
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 1934,1933,1930
Fax: 021 - 7434391
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.