Logo FISIP

    Web UT    mail  office 365
Making Higher Education OpenTo All

Kreatif Jadi Kata Kunci Mahasiswa Hukum Hadapi Era Kecerdasan Buatan

ErabaruNews – Dunia industri kini memasuki revolusi generasi 4.0 yang ditandai dengan semakin masifnya era pertukaran data global. Demikian dikatakan oleh Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka (UT), Profesor Daryono SH, MA, Ph.D.

Guru Besar FHISIP UT ini melanjutkan, dunia akademisi dan profesi hukum tidak lepas dari pengaruh revolusi industri 4.0 itu. Pengaruhnya nampak dari mulai bermunculan aplikasi legal technology.

“Aplikasi yang menggunakan AI atau kecerdasan buatan itu memudahkan lawyer dan bahkan masyarakat awam untuk mendapatkan layanan konsultasi atau menganalisa aturan perundang-undangan dan keputusan hakim, untuk menghasilkan dokumen pembelaan, legal counter, dan dokumen hukum lainnya,” ujar Prof. Daryono pada acara Focus Grup Discussion (FGD) di FHISIP UT, Pondok Cabe, tangerang Selatan, Banten, Minggu (25/2/2018).

Profesor Daryono menjadi pembicara dalam acara FGD Komaskum UT, Minggu (25/2/2018). (Photo : Wayan Adi A)

Dengan pengaruh revolusi industri, nampaknya sebagian besar pekerjaan pada sektor hukum akan diambil alih oleh robot atau komputer. Lalu apakah sarjana hukum masih diperlukan? Jawabannya akan sangat tergantung pada kualitas dan kompetensi lulusan sarjana hukum itu sendiri.

“Kata kuncinya adalah kreatif. Akademisi ilmu hukum harus bisa kreatif memanfaatkan legal teknologi. Kreatif memanfaatkan apa yang bisa dilakukan oleh teknologi, kemudian mengerjakan dengan maksimal apa yang tidak bisa dikerjakan oleh legal teknologi,” sambung Profesor lulusan doktoral dari Australian National University.

Mahasiswa dan sarjana hukum diharapkan bisa kreatif dalam berkolaborasi dengan sektor lainnya termasuk programer legal technology. Untuk sanggup bersaing pada era digitalisasi hukum, mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan selalu berpikiran kritis.

 

Selengkapnya

FHISIP UNIVERSITAS TERBUKA

Gedung Fakultas 3
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 1934,1933,1930
Fax: 021 - 7434391
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.