Logo FISIP

    Web UT    mail  office 365
Making Higher Education OpenTo All

Seminar Nasional FISIP UT 2016

Berantas Diskriminasi, Menuju Indonesia Berkeadilan Sosial

"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia", pasal kelima Pancasila tersebut sejatinya telah menyemat kedalam hati dan pikiran rakyat Indonesia. Namun, walau kalimat ini sering dikumandangkan di upacara bendera ketika mengenyam bangku sekolah dulu, nyatanya keadilan sosial di Indonesia seakan masih sebatas sebuah cita-cita luhur yang hingga kini belum begitu dirasakan menyeluruh oleh setiap individu manusia Indonesia. Memang masalah keadilan sosial merupakan hal yang teramat kompleks untuk dipecahkan. Oleh karenanya perlu terdapat kajian-kajian kongkrit yang membantu mengurai akar permasalahan dan mewujudkan keadilan sosial tersebut.

Menanggapi isu tersebut, pada 19 Oktober 2016 bertempat di gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FISIP-UT) kembali digelar. Seminar kali ini mengambil tema “Indonesia yang Berkeadilan Sosial tanpa Diskriminasi”. Sesuai dengan tema tersebut, seminar ini diselenggarakan sebagai usaha membangun kesadaran masyarakat dan pemangku kebijakan untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat sejahtera yang berkeadilan sosial tanpa memandang perbedaan sebagai sebuah hambatan. Sebagai wujud konkritnya, diawal acara, diluncurkan pula buku yang juga berjudul “Indonesia yang Berkeadilan Sosial tanpa Diskriminasi”, berisi kajian-kajian ilmiah dan gagasan dari berbagai akademisi berkompeten dibidangnya. 

Dipandu oleh Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. sebagai moderator, UT menghadirkan 4 pembicara utama pada seminar kali ini, diantaranya Dosen Universitas Sanata Dharma Dr. Haryatmoko, SJ.; Prof. Dr. Henny Warsilah, DEA dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI); serta 2 narasumber yang merupakan dosen FISIP-UT yakni Ir. Ida Zubaidah, M.A., Ph.D. dan Dr. Meita Istianda, S.IP., M.Si.

Selengkapnya

FHISIP UNIVERSITAS TERBUKA

Gedung Fakultas 3
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 1934,1933,1930
Fax: 021 - 7434391
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.